rss
email
twitter
facebook

Senin, 18 Januari 2010

Cuaca Ekstrem di Indonesia Mulai Hari Ini


Selasa, 19 Januari 2010 | 04:36 WIB
KOMPAS/YULVIANUS HARJONO
Sistem peringatan dini cuaca antariksa di LAPAN.
JAKARTA, KOMPAS.com — Kondisi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Indonesia mulai hari ini hingga Kamis (21/1/2010). Salah satu faktor pendukung adalah adanya daerah tekanan rendah di sebelah utara dan barat Australia bagian utara yang membentuk daerah pumpunan atau pertemuan angin yang memanjang dari Sumatera bagian tengah hingga Laut Jawa serta dari Laut Maluku hingga Papua Barat.
Faktor pendukung itu berpengaruh terhadap proses pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitarnya. Nilai labilitas udara cukup labil, kelembaban udara cukup besar, dan suhu muka laut masih hangat mendukung pertumbuhan awan hujan, terutama di wilayah Indonesia bagian timur.
Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat dan disertai  petir dan angin kencang adalah Sumatera bagian selatan; pesisir barat Sumatera; pesisir timur Sumatera bagian selatan; Kalimantan bagian barat dan timur; Jabodetabek;  sebagian besar Pulau Jawa; Sulawesi bagian utara, tengah, dan selatan; Bali; Nusa Tenggara;  Maluku Utara dan Tenggara; serta Papua bagian tengah dan selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar